Sabtu, 09 Mei 2009

ARTIKEL




Tips
SEHARI SEBUAH STRATEGI

-BAMBANG PRAKUSO -



Saya punya beberapa buku strategi perang Sun Tzu yang ditulis oleh beberapa penulis. Termasuk di antaranya 100 Strategi Perang Sun Tzu yang disajikan dengan format komik oleh Wang Xuanming. Buku ini saya beli sekitar 5 tahun lalu, tapi saya baru membaca hanya beberapa strategi saja. Dan saya pun lupa apa saja strategi itu.
Suatu hari saya diundang bertemu teman di Blok M untuk membicarakan sebuah bisnis. Saya adalah orang yang selalu membawa buku kemana pun saya pergi, minimal notes dan pulpen. Kali ini saya membawa buku 100 strategi perang itu. Dalam perjalanan menuju ke Blok M saya membaca salah satu strategi. Hanya 3 halaman, itu pun sebagian besar gambar. Praktis untuk membaca buku itu saya cuma butuh waktu kurang dari 2 menit.
Saya membaca strategi “Jika pasukan kita lebih kecil dari musuh.” Saya tidak tergoda untuk membaca yang lain. Sepanjang perjalanan saya mengingat-ingat strategi perang itu, saya menghubungkannya dengan kehidupan. Ketika saya sudah bertemu dengan teman saya, tiba-tiba strategi yang saya baca tadi berkelebat. Sampai saya pulang, menjelang tidur strategi tadi kembali terngiang, sehingga saya mengingatnya dengan jelas.
Lalu muncul ide dalam diri saya.... “Saya ingin menguasai strategi dalam buku ini semua.” Saya tak perlu membaca buku semua dalam sehari, tapi 1 hari cukup satu. Setiap hari, baik pagi, siang, sore atau malam... saya memaksakan diri saya membaca 1 strategi lagi dan lagi.Hasilnya ternyata luar biasa, saya dapat menghapal dan memahami semua strategi dengan baik dalam waktu 100 hari. Secara otomatis strategi itu muncul mana kala saya menghadapi persolan di bidang human resource maupun marketing.
Cobalah lihat kembali buku dalam perpustakaan pribadi Anda. Carilah buku yang dapat dipakai sebagai pedoman hidup, tapi Anda belum sempat membacanya. Seberapa pun tebalnya. Cobalah mulai membacanya secara cicil, cukup 3 halaman per hari. Rasakan, pemahaman Anda jauh lebih baik daripada Anda membaca seluruhnya dalam waktu 1-2 hari.
Lalu saya pun berpikir, Andai kata dalam sehari saya menulis 1 saja tips hidup, dalam setahun saya bisa menulis 360 tips yang bisa saya gunakan untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain. Tips ini terbuat dari gagasan saya sendiri dan orang lain yang memunculkan gagasan baru. Bacalah tiap hari 1 tips dan renungkan. Praktekkan dalam kehidupan Anda. informasi ini akan keluar dengan sendirinya dari pikiran Anda yang hebat, tanpa perlu Anda perintah. Ia akan menjadi strategi bagi Anda untuk menghadapi segala permasalahan hidup.

Tidak ada komentar: