Sabtu, 09 Mei 2009

FEATURE




FEATURE:


DI PUNGGUNG TUKANG OJEK


Bambang Prakuso



Jadi motivator enaknya bisa keliling Indonesia. Rasa capek menyebrang pulai, naik gunung, melintasi empang, jalan jauh menjadi tidak terasa. Beberapa waktu lalu saya diundang melatih di Kediri, terus ke Tulung Agung. Rencananya besoknya harus ke Pacitan. Dari Tulung Agung infonya Pacitan dekat. Paling kalau berangkat dari Tulung Agung lewat Trenggalek 3 jam nyampe. Karena gak terlalu jauh maka saya berangkat dari Tulung Agung ke Trenggalek jam 8 pagi. Sampai di Trenggalek jam 10. Saya tanya mana bis yang mau ke Pacitan, dan jam berapa nyampe disana? Kondekturnya bilang jam 4 sore. Waduh acara jam 12 kok nyampe jam 4 sore. Untung ada penumpang yang saran agar naik yang ke Ponorogo, bisa lebih cepat. Jam 2 bisa nyampe. Haaa jam 2? Bisa bubar pesertanya sblm saya datang. jAlan lain ga ada. Ya udah pasrah sajalah.
Naiklah saya bis yang ke Ponorogo , walau bisnya lemot n sering ngetem Pengen stres. Tp percuma mending pasrah. Akhirnya nyampe di simpang apa saya lupa. Dari sana ada bis yang mau ke ponorogo. Tapi kata orang di sana, nyampenya jam 3. Waduh. Gak bisa. Ini dah jam 12, panitianya udah pada panik.
Saya coba mampir ke warung. apa ada ojek yang bisa bawa ke Pacitan. Alhamdulillah ada walau ongkosnya Rp 100 ribu. Jam 2 Insya Allah nyampe kata tukang ojeknya.
Lalu jadilah saya naik ojek sepeda motor ke Pacitan Barang bawaan saya betul2 ngeruepoti. Ada koper besar isinya LCD komputer dll. Ada ransel isinya baju dan macem-macem. Naik motor menyusuri bukit, di kiri jurang menganga. Itu sih bagus, yang menyedihkan hujan mana tanahnya berlumpur. Ya udah kan ada mantel. Oh inilah tanah kelahiran sang presiden RI Bambang Yudhoyono. Tapi ngomong2 apa Pak Yudhoyono tahu saya lagi di Pacitan mau memperbaiki mindset wong Pacitan? Ah mana tahu dia. Dia kan di Istana atau mungkin dusuk di mobilnya yang mewah gak kehujanan atau kepanasan seperti saya. Persamaan kami cuma sya dan SBY sedang melakukan tugas untuk bangsa dan negara. Persamaan kedua adalah nama sya dan SBY sama-sama pakai Bambang.
Dekat terminal tukang ojek baru menjawab pertanyaan saya, "ini di daerah ini kampungnya SBY," katanya sambil menunjuk ke arah terminal. Ya udahlah yang penting.sdh tahu tanah kelahiran SBY.
Pas jam 13.30 ojek nyampe. Acara pelatihan dimulai telat jam 14.30. Tak apalah telat dari pada tidak sama sekali. ***

Tidak ada komentar: